Nemo Wagging Tail Fauzi Nur Rohman: CONTOH MERESENSI BUKU FIKSI
animasi blog
Animasi Blog

Jumat, 27 Februari 2015

CONTOH MERESENSI BUKU FIKSI

Meresensi Buku Fiksi

Pembudidayaan dan Pengolahan Pisang oleh Amir

Judul Buku        : Si Amir Ahli  Pisang
Pengarang        : Nur Laila
Penerbit        : CV. Karunia
Cetakan        : Tahun 2009
Tebal Buku        : 72 Halaman

    Pohon pisang, selain mudah tumbuh di sembarang lahan, cepat berbuah, buahnya enak, juga dapat menghasilkan uang, dan dapat juga diolah menjadi berbagai jenis makanan.
    Dalam buku “ Si Amir Ahli Pisang ” di terapkan cara-cara membudidayakan pohon pisang dalam bentuk cerita. Cerita dalam buku ini menggambarkan seorang Anak yang bernama Amir yang senang membudidayakan pohon pisang.
    Amir seorang anak yang tinggal di suatu desa, sangat suka sekali dengan buah pisang. Oleh karena itu Amir  menanam pohon pisang sendiri di belakang rumahnya. Kata Pak Guru menanam pohon pisang itu lebih mudah, karena pohon pisang cepat tumbuh, cepat berkembang biak dan dapat menghasilkan uang.
     Amir selalu merawat pohon pisangnya agar dapat berbuah banyak. Setiap hari Amir selalu menyiram pohon pisangnya. Amir ingin pohon pisangnya dapat tumbuh dengan cepat dan cepat berbuah. Amir juga berharap pohon pisangnya dapat menghasilkan buah yang banyak agar dapat di jual.
    Setelah 2 bulan, pohon pisang amir sudah berbuah. Di Halaman belakang rumah Amir, terlihat banyak sekali pohon pisang yang sedang berbuah. Buahnya ada yang masih kecil dan ada yang hamper masak.
    Setelah buah pisang Amir sudah  masak, Amir mengambil buah pisangnya dengan cara menebang pohonnya, karena pohon pisang hanya dapat berbuah satu kali saja. Oleh karena itu, setelah di ambil buahnya, maka pohon pisangnya harus di tebang, kalau tidak batang pohon pisang akan membusuk.
Amir langsung menjual buah pisangnya yang sudah masak kepada Tetangga, dan di jual di Pasar. Selain di jual langsung Amir juga mengolah buah pisang menjadi berbagai makanan, seperti pisang goreng, keripik, dan makanan ringan lainnya  untuk di jual.
    Penyajian buku ini disusun secara sistematis, dan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sehingga para pembaca akan lebih mudah memahami maksud cerita dari buku ini.
Akan tetapi ada sedikit kekurangan dari buku cerita ini, yaitu gambar tidak sesuai dengan warna aslinya, karena gambar didalam buku ceritaini menggunakan warna hitam putih.
    Bahwa buku cerita ini menginformasikan cara-cara membudidayakan dan mengolah pisang lewat cerita yang menarik. Didalam buku ini menggambarkan seorang anak yang membudidayakan pisang dan mengolahnya dengan baik dan dapat menghasilkan uang.

Penyusun
Nama        : Fauzi Nur Rohman
Kelas        : IX E
Nomor        : 10


                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar